Artikel

Bertetangga di Tarim

Rasulullah ﷺ bersabda :

الراحمون يرحمهم الرحمن،
ارحموا من في الارض يرحمكم من في السماء.

"Orang-orang pengasih akan dikasihi Allah yang Maha Pengasih. Sayangilah yang dibumi, maka kalian akan disayangi yang di langit."
(HR tirmidzi dan Abu Dawud)

Seorang wanita Tarim bertanya kepada anak tetangganya :

"Makan apa kalian semalam?"

"Semalam kami tidak makan apa-apa," jawab si anak.

"Panggilkan ayahmu!"

Anak itu kemudian memanggil ayahnya.

"Apa yang terjadi di antara kita sehingga kau perlakukan aku seperti ini. Perbuatanmu tidak benar!" Kata wanita itu marah-marah kepada ayah si anak.

"Apakah sesungguhnya yang telah kami lakukan kepadamu?"
Tanya tetangganya kebingungan.

"Semalam kalian tidak punya makanan, namun tidak memberi tahu aku. Perbuatan kalian ini tidak pantas. Andaikata kalian datang mengunjungiku dan aku memiliki makanan, aku tentu akan membagi makanan itu. Dan jika aku tidak memiliki apa-apa untuk dimakan, aku akan bersabar bersama kalian..
Lain kali, jika kalian tidak memiliki sesuatu beritahu kami, jika tidak, kelak di hari kiamat aku tidak akan menghalalkan kalian dan kalian aku kutuntut."


Subahanallah..
*Selidikilah, adakah di antara saudara, kerabat atau tetangga kita yang membutuhkan bantuan. Bagaimana kita bisa mendapatkan rahmat Allah kalau kita tidak mengasihi orang miskin?
Kita hendaknya memiliki rasa belas kasih, karena madad tak akan bisa diperoleh, kecuali dengan sikap kasih. Kasih Sayang ini merupakan amalan hati.

Semoga kita dikaruniai Kasih Sayang yang seperti ini.
Allahummaj'alnaa minhum..

Artikel Lainnya