Artikel

Keutamaan Sholat Berjamaah oleh Alumni14

Keutamaan sholat berjama’ah
Salah satu keutamaan sholat berjama’ah adalah mendapatkan pahala sebanyak 27 X lipat dibandingkan dengan sholat sendirian di rumah.

Sebagaimana sabda Rosulullah shalallahu ‘alaihi wasallam:

 صَلاةُ الْجَماَعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَ عِشْرِيْنَ دَرَجَةً
 
“Sholat berjama’ah lebih baik daripada sholat sendirian sebanyak 27 derajat” [HR. AL-Bukhori: 645 dan Muslim: 650].

Kalaulah misalnya di Daerah kita ada satu pekerjaan yang gajinya itu Rp 2.000.000/bulan dan ternyata di daerah lain gajinya 27 X lipat lebih besar dibandingkan dengan gaji yang ada di Daerah kita yaitu Rp 54.000.000/bulan padahal pekerjaannya sama dan jam kerjanya pun sama.

 Kira-kira mana yang akan kita pilih?
Maka pasti dan pasti  semua kita akan berbondong-bondong untuk melamar menjadi tenaga kerja diDaerah tersebut, meskipun jarak yang ditempuh itu jauh, meskipun meninggalkan anak istri berbulan-bulan, demi untuk meraih gaji yang lebih besar.
Mengapa mengumpulkan harta untuk kebahagiaan di dunia begitu semangat, sehingga melupakan untuk mengumpulkan pahala yang itu merupakan bekal kita untuk menggapai kebahagiaan di akhirat nanti, padahal kita semua mengetahui bahwasanya hidup di dunia ini paling lama hanya sekitar 60 atau 70 tahun saja, sedangkan di akhirat nanti kita kekal.

Seharusnya semangat kita untuk melaksanakan sholat berjama’ah di masjid jauh lebih besar dibandingkan sholat sendirian di rumah, meskipun masjidnya jauh dari rumah, meskipun kita menguras tenaga untuk datang ke masjid baik dengan berjalan kaki ataupun memakai kendaraan, demi untuk meraih pahala 27 X lipat dibandingkan dengan sholat sendirian di rumah.

Lihatlah kisah-kisah para ulama terdahulu yang diantaranya adalah Amir bin Abdullah, tatkala beliau sedang sakit, sementara rumahnya dekat masjid, ketika adzan berkumandang dia berkata: “Ambillah tanganku bawa aku ke masjid”, dikatakan kepadanya: ”engkau

Artikel Lainnya